Pelanggaran Hukum Trademark di Indonesia

Kejahatan seperti pelanggaran paten dan penggunaan nama perusahaan tanpa persetujuan adalah contoh pelanggaran undang-undang trademark indonesia. Perusahaan yang rentan terhadap pelanggaran tersebut adalah perusahaan yang belum mendaftarkan trademark apa pun.

Untuk alasan ini, semua perusahaan sangat disarankan untuk melengkapi pendaftaran untuk hak trademark. Di Indonesia, pendaftaran ini dapat diselesaikan di kantor nasional atau regional. Mereka yang memiliki pendaftaran merek dagang yang kedaluwarsa harus memperbaruinya agar tetap aktif.

Di Indonesia, pembaruan semacam itu biasanya dilakukan setiap 10 tahun sekali. Sebelum ada orang di Indonesia yang mencoba mendaftarkan merek, penting untuk berkonsultasi dengan pengacara merek. Pemilik perusahaan mana pun di Indonesia, terutama yang memiliki perusahaan asing (PT PMA), harus memahami bahwa tidak semua logo atau kata akan disetujui untuk keperluan pendaftaran merek.

Untuk alasan ini, pelamar harus memeriksa apakah aplikasi tersebut telah mendapat persetujuan. Perlu juga dicatat bahwa permohonan merek akan ditolak oleh kantor merek jika sama atau terlalu mirip dengan pihak lain yang sebelumnya telah mendaftarkan merek. Permohonan merek dagang lain yang akan didaftarkan adalah yang memiliki nama geografis serta nama yang terlalu umum.

Merek dagang juga tidak boleh melanggar peraturan dasar yang dikeluarkan oleh pihak berwenang. Penting juga untuk memastikan bahwa tidak ada terlalu banyak deskripsi tentang trademark yang akan didaftarkan; aplikasi untuk trademark dengan terlalu banyak uraian mungkin ditolak.

Mereka yang melakukan pelanggaran merek dagang akan dikenakan denda dua miliar rupiah. Jika pelanggaran tersebut mengakibatkan kerusakan kesehatan manusia atau lingkungan, atau menyebabkan satu atau lebih kematian, akan dikenakan denda sebesar lima miliar rupiah.

Manfaat Mendaftarkan Merek Dagang Indonesia adalah negara yang dilanda tingkat pembajakan yang tinggi, terutama terkait dengan hak paten atas barang dan jasa. Oleh karena itu, pendaftaran merek merupakan langkah penting yang harus dilakukan.

Pendaftaran merek dagang memungkinkan perusahaan untuk melindungi barang dan jasanya dari klaim pelanggaran oleh pihak lain. Jika pemilik merek dagang terlibat dalam masalah hukum, pemilik terkadang dapat menggunakan pendaftaran merek dagang untuk menerima bantuan hukum.

Selain itu, memiliki merek dagang yang memiliki reputasi baik dan dapat dipasarkan menambah nilai pada produk atau layanan perusahaan. Ini karena perusahaan dapat menggunakan merek dagang ini untuk menciptakan hubungan yang lebih erat antara perusahaan dan pelanggannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *