Pemerintah Indonesia Siap Perangi Pembajakan Konten Daring

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, sebuah badan non kementerian yang bertanggung jawab untuk mengatur sektor kreatif Indonesia, meminta bantuan dari kementerian lain untuk memerangi pembajakan, kata pejabat tinggi badan tersebut. Law Firm Indonesia juga turut andil dalam memberantas pembajakan

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, mengatakan industri ini menghadapi ancaman pelanggaran hak cipta, yang dalam banyak kasus melibatkan duplikasi CD dan DVD tanpa izin. "[Kemenperin] punya data dari produsen CD blank di Indonesia. Mereka punya kode untuk mengidentifikasi tiap CD. Kalau kita mau menegakkan hukum terhadap pembajakan, kita bisa [verifikasi keasliannya dengan] setiap produsen," kata Triawan usai reguler. 

pertemuan dengan menteri terkait industri Indonesia pada hari Selasa. Triawan mengatakan, industri kreatif membutuhkan penegakan hukum yang lebih kuat untuk memerangi pembajakan, dengan kantor Menko Perekonomian menyediakan platform untuk kerja sama yang lebih besar antar kementerian.

 Triawan sebelumnya mengatakan satuan tugas anti-pembajakan lembaganya sedang mempersiapkan sistem peringatan yang akan mengirimkan pemberitahuan kepada mereka yang mengunduh musik bajakan tentang undang-undang Indonesia yang melarang pembajakan online. Sistem peringatan akan mulai berlaku pada Januari tahun depan, klaim pemerintah. “Kita sudah membahas kebijakan terkait industri ke depan, termasuk industri kesehatan, kreatif, dan e-commerce. 

Kita sudah bicarakan deregulasi dan ini saatnya menyusun kebijakan jangka menengah,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. ekonomi. Asosiasi Pencipta Lagu dan Penata Musik Indonesia (PAPPRI) memperkirakan bahwa industri musik Indonesia kehilangan Rp 4 triliun ($ 293 juta) setiap tahun karena pembajakan, menurut Antara.

Benny Ho, dari grup bisnis internasional Tencent yang berbasis di Hong Kong, mengatakan pasar negara maju di Amerika Utara dan Eropa telah membuktikan bahwa sektor swasta juga dapat memerangi pembajakan secara efektif. “[Di satu sisi], kami pasti membutuhkan regulasi, kebijakan, dan penegakan hukum untuk mewujudkannya. 

[Tapi di sisi lain] yang kami minati adalah bagaimana kami bekerja sama dengan label musik sebagai mitra untuk mendukung intelektual. property dan juga bagaimana sebenarnya kita membuat musik, musik legal, [lebih] diakses dan lebih aman daripada musik bajakan, "kata Ho mengutip aplikasi Joox yang diluncurkan di Jakarta, Selasa. Joox adalah aplikasi streaming musik online yang menawarkan musik legal gratis untuk pengunduh. 

Aplikasi ini telah bekerja sama dengan label terkemuka di Indonesia termasuk Universal Music Indonesia dan Musica Studio. Menurut Ho, munculnya lebih banyak aplikasi streaming yang menawarkan musik berkualitas baik yang diperoleh secara legal, bebas dari virus atau malware, dapat secara signifikan mengurangi pembajakan. Hal ini tentu akan membantu meringankan pekerjaan IP Lawyer Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *